Tips Mencegah Dan Mengatasi Penyakit Malaria

Tips Mencegah Penyakit Malaria – Di musim penghujan seperti saat ini, pendaran penyakit telah bertumbuhan bak jamur di musim hujan. Aneka ragam postural penyakit yang biasanya menjadi langganan di musim dingin ini, adalah penyakit yang terjadi akibat paparan unsur asing yang berasal dari luar tubuh seperti terjangan virus, bakteri, protozoa, parasit dan sebagainya. Salah satu gangguan penyakit yang terjadi akibat parasit di musim hujan adalah penyakit malaria.

Tips Mencegah Dan Mengatasi Penyakit Malaria

Anda mengalami malaria? Tahukah anda kalau penyakit malaria sangat mematikan? Seberapa besar pengetahuan dan wawasan anda tentang cara mengatasi malaria? Yakinkah anda kalau ternyata gangguan Malaria bisa disembuhkan dengan sempurna?

Nah untuk menjawab semua pertanyaan diatas, silahkan anda simak artikel kami kali ini yang mengupas secara khusus mengenai penyakit malaria hingga selesai dan dapatkan perubahan wawasan anda.

Apa Itu Penyakit Malaria?

Penyakit malaria merupakan gangguan penyakit jenis menular yang dipicu oleh terjadinya infeksi akibat parasit bernma plasmodium. Parasit ini biasanya ditularkan oleh binatang serangga sejenis nyamuk anophales yang pertumbuhannya sangat cepat terutama di benua yang memiliki anomali cuaca standart medium, seperti Asia dan Afrika.

Baca Juga : Biaya membersihkan karang gigi

Parasit penyebab malaria ini langsung melakukan distraksi pada sel darah merah. Akibatnya, sel darah merah mengalami gangguan yang berefek pada terjadinya kontraksi berbahaya di dalam tubuh yang mengurangi sistem metabolisme kerja sekaligus menurunkan standart imun ke level rendah. Maka dari itu, berhati hatilah anda terhadap nyamuk ini yang terbukti sebagai pembawa penyakit malaria mematikan.

Gejala Penyakit Malaria

Menurut penelitian medis, Gejala penyakit malaria dipetakan menjadi 2 gejala tergantung tingkat keparahan gangguan yang diderita, yaitu:

Gejala Malaria Ringan


1. Mual

2. muntah

3. diare

4. nyeri otot

5. pegal linu

6. demam

7. menggigil kedinginan

8. demam tinggi

Gejala Malaria Berat

Gejala penyakit malaria kategori berat biasanya ditandai dengan kondisi penderita yang sangat lemah. Dalam kasus ini pada umumnya pihak medis akan mengambil sampel darah tepi untuk mengetahui apakah gangguan malaria telah mencapai standar tinggi dan berpeluang mendatangkan komplikasi atau tidak.

Ini dia gejala penyakit malaria berat, yaitu:


1. Tidak sadarkan diri

2. Mengigau

3. Model Perkataan selalu salah

4. Step atau kejang kejang

5. Suhu badan sangat tinggi

6. Kurang cairan atau dehidrasi

7. Degup nafas sangat cepat

8. Mengalami sesak nafas

Cara Kerja Penyakit Malaria

Seperti yang telah kami deskripsikan diatas bahwa penyakit malaria disebabkan oleh bakteri jenis parasit plasmodium yang dibawa oleh nyamuk anophales. Proses parasit ini sampai pada binatang serangga nyamuk, pada awalnya adalah sang nyamuk telah melakukan gigitan pada penderita parasit yang dimaksud. Sehingga tubuh sang nyamuk pun terinfeksi parasit yang sama. Nah kalau nyamuk yang telah terinfeksi ini menggigit anda, maka anda pun akan memiliki parasit Plasmodium dan anda positif mengalami malaria.

Setelah anda digigit oileh nyamuk anophales yang telah terinfeksi plasmodium, maka parasit ini akan masuk ke tubuh anda dan langsung melakukan distraksi di jalur perjalanan darah yang menuju organ hati. Nah di organ hati inilah parasit tersebut mulai melakukan gangguan gangguan.

Kalau kasus ini dibiarkan berlarut larut, maka dalam jangka panjang sel darah merah anda akan hancur dan parasit parasit ini akan menyuntikkan lebih banyak lagi gangguan ke dalam darah anda. Akibatnya anda akan mengalami demam tinggi bahkan pingsan karena penyakit malaria sudah masuk tahap berat.

Cara Mencegah Penyakit Malaria

Penyakit malaria merupakan penyakit yang harus dicegah. Caranya adalah dengan memutus mata rantai perkembangan nyamuk di area sekitar anda. Apalagi saat musim hujan dimana genangan air berserakan di segala tempat sehingga menjadi tempat munculnya cikal bakal nyamuk pembawa parasit plasmodium yang baru. Maka dari itu terapkan program 3 M yang cukup efektif untuk mengurangi perkembangan nyamuk nyamuk berbahaya.

Berikut ini kami list cara mencegah penyakit malaria selain menutup akses perkembangbiakan nyamuk pembawa parasit plasmodium, yaitu:

1. Gunakan lotion anti nyamuk
2. Tutup sirkulasi dan liang rumah dengan teralis berukuran lebih kecil dari nyamuk
3. Pakai pakaian lebih tertutup dan berwarna cerah
4. Pakai obat anti nyamuk saat malam dan siang hari
5. Pasang kelambu di sekeliling tempat tidur
6. Basmi nyamuk dengan perangkap
7. Manfaatkan tanaman yang tidak disukai oleh nyamuk
8. Pasang dan hidupkan Kipas Angin saat tidur

Tehnik Mengobati Penyakit Malaria

Obat Herbal
Daun Mimba
Cara Pembuatan

1. ambil 1 batang mimba
2. cuci bersih
3. rebus dengan 500 cc air panas
4. saring
5. konsumsi secara teratur

Sidaguri
Cara Pembuatan

1. ambil 5 lembar daun sidaguri
2. masukkan ke dalam air sebanyak 250 cc
3. Rebus hingga tersisa setengahnya
4. saring
5. konsumsi saat ramuan telah dingin

Daun Pepaya
Cara Pembuatan

1. Ambil 2 lembar daun pepaya
2. cuci bersih
3. masukkan ke dalam panci
4. tuang 3 gelas air
5. Rebus hingga tersisa 1 gelas
6. saring
7. konsumsi secara teratur.

Kimia
Selain dengan obat herbal diatas, ternyata penyakit malaria juga bisa diobati dengan menggunakan obat kimia. Berikut ini beberapa obat kimia yang bisa diberikan kepada penderita malaria, yaitu:

1. Chloroquine
2. Coartem

Saran kami adalah silahkan anda menggunakan obat kimia diatas. Namun, tetap dalam pengawasan dokter dan dengan dosis anjuran yang telah disepakati oleh pihak medisi. Sebab, ada beberapa kalangan medis yang menyatakan obat dengan bahan baku kimia terkadang memiliki efek samping yang tidak diinginkan.

Demikianlah artikel kami kali ini tentang cara mencegah penyakit malaria.