Tips Menanam Tanaman Hias Lidah Mertua (Sansevieria)

Sansevieria atau yang lebih dikenal sebagai lidah mertua oleh orang Indonesia ini merupakan salah satu jenis tanaman hias yang memiliki berbagai jenis yang sangat beragam. Tanaman hias yang satu ini sering dimanfaatkan sebagai elemen penghias ruangan ataupun taman dan juga di teras rumah. Lidah mertua dikenal mampu menyerap polusi udara dan menghilangkan radiasi lingkungan, jadi tidak mengherankan jika tanaman hias sansevieria banyak dimanfaatkan sebagai tanaman penyegar dalam ruangan.

Tips Menanam Tanaman Hias Lidah Mertua (Sansevieria)


Di Tionghoa, para masyarakat percaya jika memiliki tanaman hias sansevieria akan mampu menghadirkan chi dan menghilangkan pengaruh negatif dalam rumah. Namun sebagian jenis dari Sanseviera ini tergolong tanaman hias mewah karena memang langka dan jarang ditemukan di berbagai dunia. Bagi Anda yang ingin menanam atau membudidayakan tanaman hias ini, berikut adalah tips menanam lidah mertua atau Sanseviera:

Pemilihan pot

Pemilihan pot untuk menanam tanaman hias ini sama seperti yang lainnya yaitu bisa ditanam dalam pot plastik, semen, keramik atau tanah liat. Namun yang perlu diperhatikan, apapun media pot yang Anda gunakan, pastikan jangan terlalu berair dan jangan terlalu kering. Usahakan tanah dalam pot tetap lembap namun tidak kering.

Komposisi

Lidah mertua atau sanseviera tergolong tanaman kering dan tidak menyukai basah. Namun, jika terlalu kering juga tidak baik bagi tanaman ini. Lembap adalah komposisi yang tepat di mana akan menyuburkan tanaman hias ini. Tanaman ini memiliki daya hidup yang tinggi meskipun tidak disiram dalam waktu 2 minggu.

Penyiraman tanaman

Sanseviera merupakan tanaman kering dan tidak menyukai basah. Jadi, siramlah tanaman hias ini dengan air secukupnya saja sebab meskipun tidak disiram dalam beberapa hari pun tanaman ini masih sanggup untuk tumbuh dengan baik.

Pemupukan

Jika Anda ingin memupuk tanaman ini, usahakan melakukannya tiap 3 bulan sekali. Namun jika Anda ingin memiliki tanaman hias dengan pertumbuhan yang cepat, disarankan untuk melakukannya dalam seminggu sekali.

Penggantian pot

Jika tanaman hias Anda tidak mengalami pertumbuhan lagi, itu bisa jadi media tanam yang mempengaruhinya. Penggantian media tanam seperti pot sangat penting sebab dengan mengganti media tanam yang baru akan membuat tanaman lidah mertua Anda ini cepat subur kembali.

Baca Juga : 5 Tips Agar bungan Di Vas Lebih Awet 

Nah, sudah tahu kan bagaimana tips dan cara menanam tanaman hias ini? Apakah Anda tertarik? Penanaman yang baik serta merawat dengan teliti akan membuat lidah mertua atau sanseviera cepat subur dan juga tumbuh sehat. Selamat berkebun!