Jangan Lakukan 6 Hal Ini Pada Jerawatmu!

Ketika jerawat muncul, pasti Anda ingin cepat-cepat menghilangkan jerawat itu. Segala cara pun Anda coba, mulai dari memakai krim sampai memencet jerawat Anda. Tapi hati-hati. Ada hal-hal yang tidak boleh dilakukan pada jerawat karena dapat membuatnya bertambah parah atau meninggalkan bekas luka. Inilah 6 hal yang tidak boleh dilakukan pada jerawat!

Jangan Lakukan 6 Hal Ini Pada Jerawatmu!

Jangan Kompres dengan Air Panas

Mungkin ada dari Anda yang berpikir jika dikompres dengan air panas, jerawat akan lebih cepat hilang. Cara ini salah. Sebabnya, air panas malah akan membuat jerawat makin merah dan terlihat. Hal yang seharusnya dilakukan adalah mengompresnya dengan air dingin. Dengan begitu, jerawat akan lebih cepat mengecil.

Baca Juga : Cara mengobati jerawat membandel secara alami

Jangan Pakai Terlalu Banyak Produk

Banyak produk yang bisa membantu menghilangkan jerawat. Tapi bukan berarti ketika satu produk tidak memberikan hasil, Anda bisa memakai produk-produk lainnya hingga berhasil. Cara ini juga salah. Menggunakan terlalu banyak produk dapat membuat kulit stres dan membuat proses penyembuhannya lebih lama. Oleh karena itu, gunakan satu jenis produk saja dan bersabarlah.

Jangan Menggosoknya Secara Berlebihan

Munculnya jerawat berhubungan dengan kebersihan. Tapi membersihkan dan menggosok jerawat dengan pembersih muka secara berlebihan juga tidak baik. Hal ini menyebabkan jerawat bertambah parah karena iritasi pada lapisan pelindung kulit wajah. Jadi, bersihkanlah wajah Anda seperti biasa saja.

Jangan Dikorek

Tangan kita penuh dengan bakteri. Oleh karena itu, jangan sering memegang dan mengorek jerawat karena bakteri tersebut dapat menyebar ke wajah. Selain itu, mengorek jerawat juga dapat menyebabkan iritasi. Jika terus dipaksa, akan menimbulkan luka yang bekasnya sulit dihilangkan. Anda tidak mau itu bukan?

Jangan Memencet Jerawat Batu

Menghilangkan jerawat batu memang membutuhkan waktu relatif lebih lama. Tapi satu hal yang tidak boleh dilakukan. Jangan memencet jerawat batu! Jerawat ini tidak akan keluar walaupun sudah dipencet dengan keras. Jika tidak sabar, Anda bisa pergi ke dokter kulit untuk menghilangkannya.

Jangan Terburu-buru Menghilangkannya

Jerawat bisa dihilangkan dengan cara dipencet. Tapi walaupun dilakukan dengan benar, tetap ada ruang untuk kesalahan. Jika belum waktunya maka jangan dipencet. Ketika dipencet dan ada darah yang keluar, akan timbul koreng dan meninggalkan bekas luka yamg sulit dihilangkan. Jadi, lebih baik bersabar daripada ada bekas luka di wajah Anda. (Foto: shutterstock)