8 Penyebab Kegagalan Bisnis Yang Perlu Anda Ketahui

Memiliki usaha sendiri yang mumpuni dan berjalan secara autopilot adalah impian para wirausahawan. Impian itu tidak mustahil bisa terwujud apabila didasari dengan pondasi yang kuat dan kokoh, Ya..ibarat membangun sebuah rumah, memulai usaha juga harus diawali dengan pondasi yang kuat jauh dari kesalahan kesalahan dasar yang kerap kali mengubur impian impian para wirausahawan itu ditengah jalan.

8 Penyebab Kegagalan Bisnis Yang Perlu Anda Ketahui

Sebuah bisnis atau bidang usaha yang baru dibuka sering membawa impian dan harapan baru bagi pemiliknya, tetapi sayangnya tidak sedikit pula yang lantas segera mengubur dalam dalam impian dan harapan harapan barunya itu lantaran melakukan beberapa kesalahan yang menyebabkan kegagalan dalam bidang usahanya tersebut. Apabila anda berniat untuk membuka sebuah bisnis baru hendaknya hindari beberapa penyebab kegagalan dalam berbisnis berikut ini.

1. Memulai Usaha dengan Alasan yang Salah

Apakah anda berniat untuk membuka usaha sendiri..? apabila iya, cobalah merenung sejenak dan tanyakan kepada diri sendiri apa alasan anda untuk membuka usaha. Apakah, karena ingin mempunyai lebih banyak uang, bosan diperintah atasan ataukah hanya karena ingin punya banyak waktu bersama keluarga, apabila iya, maka sebaiknya pikirkan kembali.

Alasan diatas memang benar dan bisa dipahami akan tetapi hanya akan membuang waktu anda apabila tanpa didasari hal hal berikut ini:

-Passion, anda harus memiliki gairah dan kecintaan atas bidang bisnis yang anda pilih, paling tidak lakukanlah sesuai hobi anda.

-Produk/Jasa, anda harus memiliki keyakinan penuh atas produk atau jasa yang akan anda tawarkan.

-Fisik dan Mental anda harus benar2 siap, hal ini diperlukan apabila kelak menghadapi berbagai tantangan yang pasti ada.

-Pantang menyerah, ketika mengalami kegagalan anda harus siap dengan semangat yang tak pernah padam, artinya jangan lantas menyerah dengan kegagalan tersebut tetapi justru cari tau dimana letak kesalahannya dan perbaiki segera.

-Full Time, justru diawal memulai usaha anda harus siap kehilangan banyak waktu bersama keluarga dan harus benar2 mengenal seluk beluk bidang bisnis yang anda garap.

2. Lemahnya Manajemen

Banyak pemula yang gagal dalam berbisnis disebabkan karena ketidak mampuan dalam memanage usahanya. Dalam berbisnis mutlak diperlukan kemampuan management yang bagus paling tidak menguasai beberapa bidang dasar manajemen seperti rencana bisnis, pemasaran,keuangan dan produksi. Banyak pemula wirausaha yang hanya meraba raba area ini, sehingga ujung ujungnya ditipu suplier/karyawan, kurangnya penetrasi pasar dan sebagainya.

Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah bahwa manajemen juga berarti bisa mengatur diri sendiri sebagai owner sebuah bisnis dan berusaha menjadi good leader bagi para karyawannya termasuk menciptakan suasana yang kondusif agar masing2 pihak merasa nyaman bekerja, sehingga berdampak positif bagi perusahaan.

3. Modal yang Kurang Kuat

Ini adalah kesalahan yang sangat fatal, di saat bisnis mulai berjalan jangan sampai hal ini menjadi sebuah hambatan hanya karena kurang antisipasi dari awal. Meskipun kecil sebuah bisnis memerlukan modal yang benar2 diatur arus kasnya, untuk itu pemilik bisnis harus mengerti betul soal keuangan dan harus benar benar pandai mengatur kas keluar masuk sebelum bisnisnya benar benar menghasilkan keuntungan yang besar.

4. Salah Memilih Lokasi

Seperti sebuah pameo dalam properti bahwa ada 3 hal penting yang harus diperhatikan yaitu, lokasi, lokasi dan lokasi. Meskipun sebenarnya tergantung bidang bisnis yang dipilih, akan tetapi bagaimanapun juga lokasi juga merupakan salah satu faktor yang paling penting untuk memulai usaha. Terutama apabila bidang bisnis yang anda pilih adalah bidang yang berhubungan langsung dengan visit of customer artinya bisnis yang mengharuskan pelanggan datang ketempat anda seperti warung makan, cuci mobil maupun toko kelontong.

5. Salah Rekrut Karyawan

Sepandai pandainya anda mengelola sebuah bisnis apabila sampai salah merekrut karyawan maka tinggal menunggu waktu kehancurannya saja. Paling tidak anda harus benar2 mengetahui kemampuan dan karakter karyawan tersebut dalam melakukan suatu tugas pekerjaan. Untuk itulah kadang2 diperlukan berbagai test psikologi masuk sebuah perusahaan. Untuk itu anda bisa menggunakan jasa konsultan atau malah merekrut karyawan yang sudah anda kenal baik.

6. Kurang Perencanaan

Seseorang yang sukses membangun bisnisnya dari nol pastilah paham betul bagaimana kerja keras dan perencanaan yang matang memegang peranan yang sangat penting. Selain harus memperhitungkan setiap hambatan, perencanaan juga harus dibuat serealistis dan seakurat mungkin serta memperhitungkan target dimasa depan.

7. Terlalu Cepat Buka Cabang

Usaha anda tanpa diduga melesat cepat dan hanya karena tidak mau kehilangan momentum, anda segera memutuskan untuk membuka cabang dikota lain, tanpa anda sadari kemampuan produksi dan sumber daya manusia anda masih sangat kurang…apa yang terjadi ? Ya..anda akan kehilangan pelanggan setia karena pelayanan anda menjadi jauh berkurang akibat dari dibukanya cabang baru tersebut.

Untuk itu benar benar cek dan ricek segala kemungkinan sebelum memutuskan untuk membuka cabang baru apalagi kalau cabang baru tersebut berada dikota lain.

8. Zonder Internet Marketing

Zonder (tanpa) Internet Marketing untuk sebuah usaha pada masa sekarang ini ibarat pacar ketinggalan kereta, anda akan tertinggal jauh dengan pesaing pesaing anda. Apalagi untuk saat ini begitu murah dan mudahnya masyarakat umum mengakses internet menjadikan menjamurnya toko online dan shopping via online karena kepraktisannya. Untuk itu pastikan sediakan waktu untuk mempelajari hal ini, paling tidak memiliki akun di jejaring sosial dan memiliki website untuk usaha anda.

Baca Juga : Perbedaan introvert dan ekstrovert

Setiap bisnis apapun itu pastinya harus dengan persiapan yang matang akan tetapi sebaliknya juga jangan terlalu banyak memikirkan soal persiapan karena berakibat bisnis anda akan banyak tertunda, yang paling ideal adalah perencanaan yang matang dengan deadline yang tertarget. Selamat membuka usaha sahabat berjamjam.com….